Sabtu, 23 April 2016

Konro Bakar



Bahan :
– 1 Kg iga Sapi, diiris sesuai ruasnya
– 2 L air untuk merebus iga sapi
– 1 cm Jahe, parut
– 3 cm Lengkuas, memarkan
– 3 cm Kayu manis
– 3 butir cengkih
– 2 lembar daun Salam
– 2 sdm air asam jawa
– 1/2 sdt garam

Bahan bumbu halus
– 5 butir bawang merah, haluskan
– 2 siung bawang putih, haluskan
– 1 sdt merica bubuk
– 2 sdm kluwak, (ambil daging buahnya dan rendam dalam 2 sdm air panas, haluskan)
– 1/2 sdm kunyit
– 1/2 sdm jintan
– garam secukupnya (penyedap rasa)
– 3 sdm minyak goreng

Cara membuat sop konro:
– Rebus iga sapi yang telah di potong-potong sesuai ruas-ruasnya dalam 2 L air, rebus bersama dengan jahe, lengkuas, kayu manis, cengkih, daun salam, air asam jawa, dan tambahkan garam.
– Sementara iga sapi direbus dengan api sedang, tumis bawang merah, bawang putih, merica, kluwak, kunyit, jintan, yang telah dihaluskan terlebih dahulu. Tambahkan garam secukupnya (bisa menggunakan penyedap rasa favorit Anda).
– Masukkan tumisan bumbu halus ke dalam rebusan iga sapi sebelumnya. Tunggu hingga daging lunak dan bumbu meresap ke dalam daging. Angkat.
– Masukkan ke dalam mangkuk, sop konro siap disajikan. Untuk mempercantik tampilan sop konro taburi dengan bawang merah goreng dan daun bawang, serta perasan jeruk nipis agar lebih lezat. Sajikan selagi hangat.

Cara membuat konro bakar:
– Rebus iga sapi dalam air bersama dengan jahe, lengkuas, kayu manis, cengkih, daun salam, air asam jawa, dan garam (Bisa menggunakan penyedap rasa favorit Anda).
– Sementara iga sapi di rebus, tumis bahan bumbu halus hingga harum. Masukkan ke dalam rebusan iga sapi, hingga bumbu menyerap dan iga menjadi matang dan lunak. Tiriskan iga sapi, dan rebus kaldu hingga lebih kental.
– Bakar iga sapi di atas bara api, sambil diolesi dengan bumbu kaldu kental hingga harum. Angkat, taburi dengan bawang merah goreng, dan sajikan bersama bumbu kaldu yang kental dan perasan jeruk nipis. Sajikan selagi hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar