Jumat, 14 Agustus 2015

Udang Goreng Mentega Maknyus



500 gram udang, kupas, buang kepala dan ekor, bersihkan
1 buah jeruk nipis
1 sdt garam
1/2 sdt lada bubuk
1/2 cm ruas jahe, keprek
6 siung bawang putih, cincang halus
3 lembar daun bawang, iris halus
1 sdt kecap asin
1 sdt gula pasir
1 sdm mentega
1 sdm minyak wijen
1 sdm minyak goreng
1 sdt kecap manis BANGO

cara membuat:

1. Dalam mangkok besar, kucuri udang yang sudah dibersihkan dengan air perasan jeruk nipis, taburkan 1/2 sdt garam dan 1/4 sdt lada, masukkan jahe keprek, aduk merata, tutup dengan plastik wrap dan simpan dalam lemari es selama kurang lebih 30 menit.
2. Panaskan 1/2 sdm minyak wijen + 1/2 sdm minyak goreng dalam wajan, tumis bawang putih cincang sampai harum kekuningan, angkat, sisihkan.
3. Panaskan 1/2 sdm minyak wijen + 1/2 sdm minyak goreng dalam wajan, tumis udang sampai setengah matang tambahkan kecap asin, sisa garam, lada bubuk dan gula pasir dan 1 sdt kecap manis cap BANGO. Aduk-aduk sampai merata kurang lebih 2 menit.
4. Masukkan mentega, biarkan meleleh dan aduk cepat sampai merata, tambahkan bawang cincang yang sudah digoreng dan irisan daun bawang. Aduk merata, angkat dari api.
Note : Seperti biasa tips kalau memasak udang dan cumi, jangan terlalu lama berada di atas api. Aku biasa memasak diatas api tidak sampai lebih dari 5 menit untuk bisa mendapatkan hasil udang atau cumi yang masih lembut dan manis.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar